Jumat, 27 Juni 2014

Si Kecil Pintar Menabung

Menabung memang memiliki manfaat positif bagi kehidupan seseorang. Begitupula jika hal ini diterapkan pada buah hati tercinta.
Ya, menabung memang harus diajarkan pada anak sedini mungkin. Apalagi menabung juga bisa membentuk karakter anak.
"Menabung itu perilaku. Untuk bisa jadi kebiasaan itu harus dikondisikan sejak usia sedini mungkin,"ujar Psikolog Ratih Ibrahim seperti dilansir Okezone.
Meski begitu, Ratih menambahkan, para orangtua juga harus tahu tahapannya lebih dulu.
"Mengajarkan anak menabung itu ideal, tapi harus dikenalkan uang dulu. Pada saat anak umur 1-1,5 tahun boleh dikenalkan pada uang," terangnya.
"Kenalkan pada konsep dasarnya seperti jenis uang kertas atau koin, lalu ajarkan misalnya uang koin, bisa dimasukkan ke celengan, atau uang kertas, masuk kedalam kotak," imbuh Ratih.
Setelah tahapan tersebut, anak kemudian mulai diajarkan untuk mengenal nilai dari uang.
"Ketika dia lebih besar atau pada saat umur 3 tahun, baru diajarkan bedanya nominal yang tertera," katanya.
Lebih lanjut, Ratih mengatakan bahwa setelah tahapan tersebut dilalui, para orangtua baru bisa mengenalkan bagaimana caranya menabung dengan baik. Tentu saja hal ini dilakukan dengan cara mengondisikan perilakunya.
"Waktu SD diajarkan bagaimana mengelola uangnya, karena dia sudah mulai mengerti. Misalnya dia sudah mulai minta mainan, lalu dari situ kita bantu untuk mengelolanya keinginannya. Proses ini bisa membantu anak untuk menabung dan mengelola keuangannya secara bertahap," tutupnya.

Sumber : http://www.ciputraentrepreneurship.com/personal-advice/yuk-ajari-si-kecil-rajin-menabung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar